ACupOfReality

5 Kegiatan Untuk Mengusir Rasa Bosan #dirumahaja

Gak kerasa udah mau liburan aja! Tapi karena pandemi gini jadi gak bisa kemana-mana. Kira-kira harus melakukan kegiatan apa ya untuk mengusir rasa bosan?

Orang-orang bilang tahun ini rasanya singkat banget. Ya, thanks to corona virus yang menyebabkan banyak negara harus membatasi pergerakan rakyatnya, alias lockdown. Karena pandemi juga tahun 2020 ini terasa sangat singkat. Kalo kata para netizen sih dari bulan Januari, Februari, Pandemi, eh udah Desember aja.

Jujur aja nih, walaupun aku ini introvert, which is malah seneng banget kalo cuma di rumah aja, tapi selama berbulan-bulan harus di rumah aja juga rasanya agak jenuh. Ada Royaltea yang merasakan hal yang sama? Sini yang ngerasa bosan juga di rumah aja, kita high-five dulu!

Royaltea yang merasa bosan pas banget nih mampir ke blogku ini, karena postingan kali ini aku mau membahas tentang beberapa aktivitas yang bisa Royaltea lakukan saat bosan di rumah aja.

5 Kegiatan Untuk Mengusir Rasa Bosan


Setelah diterapkannya aturan bahwa kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring alias online, aku memang tidak pernah keluar rumah kecuali untuk hal yang penting dan urgent banget. Tapi tetap ya, protokol kesehatan harus tetap dijalankan kalau mau keluar rumah!

Yang biasanya setiap hari keluar rumah untuk pergi ke kampus sekarang bisa dihitung dengan jari nih berapa kali keluar rumah dalam satu minggu. Karena sekarang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah aja aku jadi punya banyak waktu luang, bahkan saking luangnya sampai jadi bosan.

Jadilah aku berpikir, kira-kira kegiatan apa ya yang bisa mengusir bosan tapi tetap produktif? Setelah trial dan error berkali-kali, akhirnya aku menemukan jawabannya. Dan kali ini jawaban itu akan kubagikan juga pada Royaltea.

1. Membaca.

membaca sebagai kegiatan untuk m,engusir rasa bosan

Wah, memabaca? Ah, bukannya mengusir bosan malah bikin makin bosan!


Inilah jeritan hati dari beberapa Royaltea sekalian ehem dan aku juga ehem. Menghabiskan waktu bersama berlembar-lembar buku yang tulisannya kadang tuh kecil-kecil dan dempet-dempet banget kayak ikan sarden pastilah membayangkannya udah bikin males banget.

Eits, tenang saudara-saudara. Jangan panik. Thanks to perkembangan teknologi yang semakin modern sekarang ini, kegiatan membaca bakal jadi lebih seru! Royaltea yang masih belum akrab dengan dunia literasi, khususnya membaca bisa mulai mengakrabkan diri pelan-pelan.

Sebelum Royaltea mengakrabkan diri dengan kegiatan membaca ini, ada baiknya Royaltea mencari tahu dulu, apa sih yang membuat Royaltea malas membaca? Kebanyakan orang biasanya gak suka membaca karena males kalau harus membaca buku yang halamannya beratus-ratus dan tulisannya kecil serta dempet-dempet banget. Kalo Royaltea merasa, "wah, ini sih aku banget!" Artinya Royaltea datang ke tempat yang tepat. Pastikan untuk membaca tulisan ini sampai habis, ya!

Menurutku, suatu bacaan itu terbagi menjadi tiga tipe, yaitu bacaan yang informatif, edukatif, dan entertaining. Biasanya nih, bacaan yang tulisannya banyaj banget itu adalah tipe bacaan yang edukatif. Bisa dilihat ya, biasanya buku paket pelajaran, pasti tebel-tebel banget, kan?

Nah, untuk Royaltea yang level membacanya masih beginner lebih baik mulai dari bacaan yang entertaining dulu. Kenapa harus mulai dari yang entertaining? Karena biasanya lebih mudah dipahami dan lebih asyik aja untuk dibaca. Kalau Royaltea masih beginner dalam membaca, tujuannya adalah untuk membangun habits membaca itu sendiri. Pertama-tama Royaltea harus merasakan dulu nikmatnya membaca, baru lama-lama Royaltea bakal ketagihan membaca.

Istilah kerennya sih extensive reading, alias membaca untuk kesenangan. Nah, tipe bacaan yang entertaining ini banyak banget sekarang macamnya! Kalau Royaltea masih malas membaca bacaan yang seratus persen tulisan semua, maka alternativenya, Royaltea bisa membaca bacaan yang ada gambarnya, seperti komik. Sekarang ini banyak 'kan komik berbentuk digital yang bisa diakses secara gratis dan legal seperti yang disediakan oleh Webtoon dan Kakaopage.

2. Memasak.

memasak untuk mengusir bosan

Memasak, ya? Hm, sounds interesting. Tapi sayangnya aku gak bisa masak.


Well, well, kamu tidak sendiri. Aku juga gak bisa masak, kok! Lebih tepatnya aku gak bisa masak makanan yang terlalu ribet dan butuh banyak step serta memakan banyak waktu untuk membuatnya. Tapi kalau sekadar yang simple simple aja ya masih bisa.

Aku sesekali mencoba-coba resep makanan simple yang bertebaran di sosial media, seperti instagram, twitter, dan yang hits banget sekarang ini adalah tik tok. Saat mencoba mengikuti resep dan berhasil tuh rasanya, ya ampun, bahagia banget dan bikin ketagihan! Belum lagi kalau rasanya enak, wah, apa gak makin bahagia tuh? Perut senang hati juga senang.

Tips dariku untuk Royaltea yang mau memasak untuk mengusir rasa bosan, sebaiknya memasaknya jangan sendirian. Ajaklah adik atau kakak atau bahkan pasangan. Supaya apa? Supaya pertama, bisa bagi tugas. Kadang habis masak tuh bagian yang paling buat sebel adalah nyuci piring. Apalagi kalau banyak piring yang harus dicuci. Dengan bagi tugas maka pekerjaan jadi lebih ringan. Yang kedua, Royaltea jadi punya quality time dengan orang terdekat.

3. Belajar.

belajar untuk mengusir bosan

Buset, deh. Liburan mah maunya santai-santai melupakan pelajaran sekolah sejenak. Eh, ini malah disuruh belajar!


Wah, udah emosi aja, nih! Tenang, santai dulu, relax. Maksudku belajar di sini bukan belajar pelajaran sekolah, kok. (Tapi kalau Royaltea mau mengulas kembali pelajaran sebelum liburan atau bahkan mau mulai bersiap-siap mempelajari pelajaran untuk semester selanjutnya juga boleh banget, kok!)

Yang kumaksud belajar di sini adalah belajar skill lain yang mungkin gak bisa Royaltea pelajari dari sekolah. Contohnya sepertiku saat ini ikut kelas Blogspedia Coaching. Karena pandemi ini banyak banget platform yang menyediakan online course secara gratis seperti dari Edx Course, Coursera, dan Saylor. Dari platform-platform ini aku jadi belajar banyak hal yang mungkin tidak akan diajarkan di sekolah.

4. Melakukan hobi.

melukis sebagai hobi

Yah, tapi aku gak punya hobi, gimana, dong?


Santuy sis, bro. Gak usah khawatir. Gak punya hobi? Ya udah kita cari aja hobinya! Tapi sebenernya, hobi itu apa sih? Well, hobi adalah kegiatan yang sifatnya rekreatif dan dilakukan saat waktu luang dan memberikan kebahagiaan. Terus gimana caranya menemukan hobi? Caranya adalah lakukanlah trial dan error berkali-kali sampai bertemu dengan kegiatan yang paling bikin Royaltea enjoy.

Aku sendiri pernah coba berbagai macam kegiatan untukku jadikan hobi. Sampai akhirnya aku menemukan hobiku, yaitu melukis dengan cat watercolor dan merajut. Bagiku, kedua kegiatan inilah yang paling membuatku senang, karena saat merajut atau melukis aku bisa benar-benar berkreasi dengan imajinasiku dan menghasilkan sebuah karya dari tanganku. Aku juga merasa aku paling jago dalam pekerjaan yang membutuhkan keterampilan tangan, makanya kegiatan ini cocok banget untuk menjadi hobiku.

5. Bersantai.

mengusir kebosanan dengan bersantai

Kegiatan ini memang sengaja aku letakkan di bagian akhir, artinya kegiatan ini menjadi pilihan akhir saat kita gak tau lagi harus ngapain. Biasanya saat bersantai, aku menghabiskan waktu dengan menonton tv, serial favoriteku, atau drama yang belum sempat aku selesaikan.

Atau kalau lagi males mau nonton biasanya aku cuma duduk di depan rumah sambil minum teh panas dan memandang langit. Atau bisa juga main sama kucing kesayanganku.


Nah, itu tadi beberapa kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengusir rasa bosan. Kira-kira Royaltea udah cobain yang mana, nih? Dan gimana menurut Royaltea setelah melakukan salah satu dari kegiatan yang aku sebutkan di atas tadi? Komen di bawah, yuk!

Akhir kata, sampai jumpa lagi di postinganku selanjutnya! Bye~
Mulya Riza Rahmawati
A writer and a blogger who loves to learn more about history and philosophy.

Related Posts

6 komentar

  1. gumuuus banget sama infografisnyaaa >< btw aku hanya bisa menerapkan poin 1 dan 5 kwokwok xDD

    BalasHapus
  2. desain ilustrasinya cakep-cakep iiih. aku juga mulai menjalani hobi berburu kelas menulis kaya blogspedia coaching ini. dunia jadi kembali cerah meski masih dalam kondisi pandemi.

    BalasHapus
  3. Aku cumq duka bersantai, terus bersantai lagi, juga bersantai heuheh

    BalasHapus
  4. Design-nya eye catching banget mbak :)

    BalasHapus
  5. desainnya bagus banget mba, itu pakai aplikasi apa? kalau canva apa pakai canva pro? bervariasi banget gambarnya keren

    BalasHapus

Posting Komentar