ACupOfReality

Ayo Mempercantik Tampilan Blog!

before after mempercantik tampilan blog


Yeeay! Akhirnya materi yang kutunggu-tunggu datang juga! Saatnya untuk mempercantik tampilan blog! Dari masa belajar tentang membuat konten, aku udah gak sabar untuk membenahi penampilan dari blogku. Makanya aku curi start duluan. Tapi berhubung aku punya keterbatasan pengetahuan, ya jadinya template blogku ya masih ala kadarnya. Dan seminggu ini aku habiskan untuk mempermak tampilan blog kesayanganku ini.

Begitu melihat materi yang dikasih oleh Mbak Marita di google classroom rasanya perasaanku tercampur aduk, antara senang dan juga bingung soalnya begitu baca, astaga ... kepalaku jadi pusing. Tapi melihat teman-teman lain yang sudah mulai mencoba-coba untuk merombak template blognya aku pun jadi termotivasi.

Mbak Marita menyarankan untuk menggunakan template Fiksioner karena template ini SEO Friendly. Aku pun langsung mengunduh templatenya dan mengaplikasikannya di blogku. Selanjutnya, inilah yang menjadi PRku karena banyak banget yang harus diganti.

Sebelum memakai template Fiksioner ini, aku menggunakan template gratis yang sudah disediakan oleh pihak blogspot sendiri, yaitu notable. Dulu aku memakai notable yang warnanya abu-abu. Aku lumayan suka dengan template ini karena warnanya. Namun, tampilannya aku kurang sreg, karena penempatan gadgetnya tidak efisien.

Jadi saat mengaplikasikan template Fiksioner ini aku bagai menemukan separuh hatiku yang hilang. #lebay.

perbedaan tampilan fiksioner dan blogku


Hal Yang Harus Dilakukan Untuk Mempercantik Tampilan Blog


Setelah berhasil mengunduh dan menerapkan template ini ke blog kita, pekerjaan selanjutnya tidaklah berhenti di sini. Ada banyak hal yang harus kita edit, dan aku akan mencoba untuk menjabarkannya satu persatu.

1. Mengedit Menu.


Aku mulai mengedit menu ini sebelum diberikan materi oleh Mbak Marita. Yes, karena aku sudah gak sabar seperti yang sudah aku bilang di atas tadi. Saat aku mencoba-coba edit sendiri bagian menu ini ibaratnya kayak lagi belajar masak. Habis langkah yang ini selanjutnya gimana, ya? Tapi aku selalu ingat dengan pesan Mbak Marita, kuncinya adalah sabar, teliti, dan jangan takut salah.


Berbekal modal itulah aku mencoba-coba edit sendiri, dan alhamdulillah berhasil! Huhuhu, aku senang banget pas berhasil ini! Tapi dari pendapat pribadiku, saat membuat menu dropdown inilah yang agak sulit, karena butuh konsentrasi.

2. Mengedit warna blog.


Nah, yang ini sih menurutku paling seru dan asyik, karena di bagian ini aku bisa berkreasi dengan warna sesuai dengan yang aku mau. Kalau warna original dari template ini adalah warna utamanya coklat. Bagus, sih, tapi aku punya warna favoriteku sendiri yang aku pilih sebagai warna templateku. Seperti yang pernah aku singgung di halaman About Me-ku, aku memilih warna abu-abu sebagai warna dari header dan logoku.


Dan aku juga memilih warna abu-abu ini untuk menjadi warna blogku. Dan untuk warna background postingan, sebenarnya Mbak Marita menyarankan untuk memakai warna putih, tapi aku sendiri kurang suka dengan tampilan blogku jika warna latarnya putih, jadi aku memilih warna seperti warna sepia yang sangat serasi dengan warna abu-abu dan masih sangat ramah di mata.

3. Mengganti font.


Berbagai macam font yang disediakan oleh pihak blogspot, tetapi dari awal pilihanku sudah jatuh pada font Lora. Font ini adalah font yang aku gunakan dari awal terbentuknya blog ini sampai akhirnya ganti dengan template yang baru. Entah kenapa aku suka banget dengan font ini.

4. Menampilkan halaman di bagian footer.


Selain menampilkannya di menu yang ada di header, kita juga perlu menampilkan halaman di bagian footer atau bagian bawah dari tampilan blog. Cara menggantinya cukup mudah, tetapi sekali lagi saat mengeditnya aku harus sangat berkonsentrasi.

5. Mengedit social media button.


Enaknya dari template Fiksioner ini adalah sudah tersedianya social media button. Mulai dari tombol untuk instagram, facebook, twitter, pinterest, bahkan youtube. Yang harus kita lakukan adalah mengeditnya di menu layout bagian footer. Mengeditnya juga gak susah, kok, yang perlu aku lakukan hanyalah mengganti alamat link asal dengan alamat link social media pribadiku. Berhubung aku gak punya channel YouTube, makanya tombol untuk YouTube aku hapus.

6. Menyusun sidebar.


Menyusun sidebar ini juga merupakan bagian yang gampang, karena kita hanya perlu mengurutkan gadgetnya sesuai dengan keinginan kita. Kalau aku sendiri, aku memulai sidebarku dengan Labels di bagian paling atas, disusun dengan archived dan profil singkat diriku.

7. Mengedit HTML.



heading blog setelah edit html

Astoge, bagian ini nih yang paling bikin pusing tujuh keliling. Berkutat dengan kode-kode merupakan hal yang baru untukku, jadinya aku merasa sedikit overwhelmed. Namun, setelah menenangkan diri dan bersiap-siap aku pun memulai pertempuranku dengan kode HTML ini. Mulanya aku mengedit bagian heading agar bisa urut, sehingga kalau dicek dengan Meta SEO Inspector bakal rapi dan apik. Dan lainnya yang aku gak bisa tulis satu-satu karena aku gak ingat apa aja, hahaha. Yang jelas aku hanya mengikuti instruksi dari coach kesayangan kita semua yaitu Mbak Marita.

Beberapa kali mengalami error saat mengedit bagian HTML ini mengajarkanku tentang kesabaran dan ketelitian. Karena saat mengedit ini dibutuhkan ketelitian dan fokus yang luar biasa. Kurang satu karakter saja ya bisa salah. Tapi alhamdulillah, aku bangga dengan diriku sendiri yang bisa mengatasi masalah yang kuhadapi ini dengan sabar.



Nah, itulah tadi pengalamanku saat mempercantik tampilan blogku. Overall, aku sangat puas dengan template Fiksioner ini dan juga dengan hasil modifikasiku. Kalau Royaltea gimana? Apa suka dengan tampilan blogku? Komen di bawah, yuk!

Akhir kata, sampai jumpa lagi di postinganku selanjutnya! Bye~
Mulya Riza Rahmawati
A writer and a blogger who loves to learn more about history and philosophy.

Related Posts

10 komentar

  1. Jadi cantik blognya. Punyaku nggak bisa pake fiksioner. Entahlah kenapa. Nanti dicoba lagi.

    BalasHapus
  2. Makin cantik dan modis nih blognya. Selamat dan sukses ya.

    BalasHapus
  3. Lembut banget pilihan warnanya Uda mirip kopi susu

    BalasHapus
  4. Cantik banget pilogan warnanya mba...

    BalasHapus
  5. Cantik banget pilihan warnanya, sangat unik dan mempresentasikan judul blognya

    BalasHapus
  6. Masuk blog ini langsung terbayang secangkir kopi.... Eh nikmatnya. Kalau ngantuk jadi melek nih. Keren mbak.

    BalasHapus
  7. warnanya ademm cocok banget sambil minum secangkir kopi tambah rileks

    BalasHapus
  8. And finally, hasilnya emang cantik nih fiksioner. Selamat ya kak untuk template barunya

    BalasHapus
  9. jadi makin betah nih BW di blog mbak Mulya..

    BalasHapus
  10. Bikin betah sih,, ada ciri khas tersendiri. Jdi pengen ngikutin

    BalasHapus

Posting Komentar