ACupOfReality

Selangkah Lebih Professional Dengan Memasang TLD

Halo Royaltea semua! Kali ini aku mau berbagi pengalaman saat memasang TLD untuk blogku tercinta ini. Nah, pasang memasang Top Level Domain ini merupakan bagian dari tugas dan materi yang Mbak Marita berikan dalam kelas Blogspedia Coaching. Kebetulan banget pas tanggal sebelas november itu lagi banyak promo bertebaran, termasuk juga promo untuk beli TLD ini. Jadilah hari itu semua murid asuhan Mbak Marita berburu domain impian masing-masing, tak terkecuali juga aku.

Lebih pro dengan memasang TLD
Sumber Pict : Vecteezy



Kenapa memasang TLD?


Jika diibaratkan blog adalah sebuah rumah, maka domain adalah alamatnya. Supaya orang lain bisa mampir ke rumah kita dengan mudah maka sebaiknya alamat rumahnya juga yang mudah diingat, 'kan? Nah, inilah salah satu keuntungan dari memasang Top Level Domain. Alamat blog kita jadi lebih singkat dan mudah diingat. Contohnya seperti alamat blogku, awalnya adalah mulyaspace.blogspot.com lalu setelah pasang TLD menjadi mulyaspace.my.id. jadi lebih singkat dan mudah diingat, betul apa betul?

Alasan lain aku memasang TLD ini adalah karena pas ikut ODOP aku ngiri liat blog temen-temen yang lain pada keren karena pakai Top Level Domain. Jadinya lebih terlihat professional. Karena itulah aku mulai cari-cari website yang menjual domain. Saat itu aku masih pakai blog dengan platform wordpress. Memasang TLD untuk blog wordpress ternyata butuh beli hosting juga. Waduh, mana harganya lumayan lagi untuk dompet mahasiswaku. Akhirnya waktu itu aku harus megurungkan niat memasang TLD.

Sampai akhirnya aku mendapat pencerahan setrlah ikut kelas Blogspedia ini. Ternyata kalau pakai platform blogspot bisa langsung ganti domainnya aja tanpa perlu beli hosting. Terlebih lagi aku juga baru tahu ternyata untuk memilih domain itu gak harus yang .com, tapi yang lain juga bisa. Karena harga domain .com juga cukup mahal ya, aku cek di beberapa website harganya di atas seratus ribuan untuk satu tahunnya.

Tapi tenang, saudara-saudara, tak perlu panik. Untuk Royaltea yang budgetnya terbatas sepertiku ada alternative lain. Banyak juga domain yang harga setahunnya murah, seperti domain yang kupakai ini, yang akhirannya adalah .my.id.

Pengalaman Membeli Domain


Aku membeli domain untuk blogku ini di website rumahweb.com karena website ini adalah salah satu yang direkomendasikan oleh Mbak Marita. Sebelum membeli domain tentu aku harus mengecek ketersediaan domain pilihanku.

Tips Membuat Alamat Domain


Beberapa tips yang Mbak Marita berikan buat kita yang mau memilih domain, yaitu :

1. Jangan terlalu panjang.


Salah satu parameter SEO On Page adalah alamat url maksimal 75 karakter, dan karakternya ini dimulai dari huruf awal 'h' di 'https'. Kalau domain kita terlalu panjang nanti akan pusing sendiri saat setting permalink artikel.

2. Jangan mengandung angka atau strip.


Katanya, domain yang mengandung angka atau strip mudah naik spam score-nya.

3. Pilih domain yang unik dan mudah diingat.


Karena domain akan diketik oleh visitor berulang-ulang kali, maka sebaiknya pilih nama yang mudah diingat.

4. Domain is your branding.


Pikirkan matang-matang sebelum memilih domain. Apakah mau pakai nama asli atau pakai nama pena?

Setelah mempertimbangkan beberapa hal tadi, aku pun akhirnya sampai pada keputusan akhir. Masih tetap setia dengan meggunakan 'mulyaspace' sebagai alamat blogku. Karena memang nama ini mengandung sangat unik, dan keunikannya sudah pernah kubahas sebelumnya di sini. Jadi aku tidak berniat mengganti alamat blogku. Semoga nama 'mulyaspace' ini bisa menjadi keberkahan tersendiri untuk blogku, aamiin.

Saat aku membeli domain ini, aku memilih untuk jangka waktu penggunaan selama dua tahun. Kenapa? Ya supaya tahun depan belum repot buat perpanjangan. Kebetulan juga harganya kan murah, cuma dua belas ribu untuk satu tahun, berarti dua puluh empat ribu untuk jangka waktu dua tahun. Siapa tahu 'kan mulai tahun depan harganya udah naik, jadi mumpung masih murah aku beli untuk dua tahun aja.

Setelah proses memilih alamat domain dan durasi pemakaian, mulai saatnya membayar. Aku memilih membayar via indomaret karena kebetulan dekat rumahku ada indomaret. Ya memang kena biaya admin yang lumayan, sih, tapi gak papa deh. Sebelum membayar, ekspektasiku bakal ribet banget nih proses pembahasannya. Ternyata cara bayarnya gampang banget! Karena aku sudah terbiasa membayar shopee melalui indomaret jadi pas bayar domain di rumahweb juga gak ada kendala. Tinggal klik klik lalu bayar. Selesai!

Proses Memasang Top Level Domain


Setelah sampai ke rumah sehabis membayar, aku langsung bersiap-siap untuk memasang domain baru untuk blog kesayanganku ini. Saat cek whatsapp grup ternyata teman-teman yang lain sudah banyak yang berhasil pasang, tapi juga banyak yang mengalami kendala. Duh, saat itu aku merasa bersemangat banget tapi di waktu yang bersamaan juga takut dan khawatir. Gimana kalo nanti aku berbuat kesalahan, ya? Langsung deh overthinkingnya kumat.

Tapi demi memasang domain blog impianku, aku mulai bersiap-siap untuk memasangnya. Aku pun membaca tutorial cara memasang TLD yang ada di blognya Mbak Marita. Penjabaran setiap step-by-step nya betul-betul singkat, padat, dan jelas. Tapi biar makin afdol aku juga nonton video tutorial dari youtube.

Setelah menonton lebih dari dua video dan membaca tutorial dari Mbak Marita, akhirnya aku siap untuk memasang sendiri domain untuk blogku. Ini adalah pengalaman pertamaku, jadi wajar ya kalau sedikit takut.

Dengan laptop terbuka di hadapanku dan handphone di tanganku, aku memulai operasi pemasangan TLD. Sebelumnya tentu baca bismillah dulu supaya berkah. Cara pasangnya cukup mudah, tapi karena step-stepnya banyak jadi agak tricky. Kuncinya adalah fokus dan sabar. Fokus mengikuti semua steps yang ada di tutorial, dan sabar dalam melakukan semua steps tersebut. Alhamdulillah, selama proses pemasangan aku tidak mengalami kesulitan sama sekali. Berkat tutorial dari Mbak Marita dan video tutorial yang kutonton dari youtube, pemasangannya selesai tanpa hambatan.

Hanya saja saat selesai pemasangan dan mau coba mampir ke blog pakai domain baru ternyata masih error. Saat itu aku agak merasa panik, tapi ternyata don't worry, itu hal yang wajar. Tunggu kurang lebih dua puluh menit maka ....

domain yang sudah selesai dipasang

Voila! Alamat domainnya sudah bisa dipakai. Pas udah bisa itu aku merasa sangat senang, terharu, dan bersyukur. Rasanya aku mau teriak ke seluruh dunia, "Hoy! Blogku sudah pakai TLD!" Tapi gak mungkin, 'kan? Jadi aku cuma teriak dalam hati. Aku juga berterima kasih pada Mbak Marita yang sudah memberikan tutorial yang begitu lengkap dan mudah diikuti. Tak lupa juga pada pemilik channel youtube yang videonya kutonton, terima kasih banyak!

Semoga setelah berhasil memasang domain pilihan dan impianku ini aku menjadi lebih semangat dalam menulis konten menarik dan bermanfaat di blog ini untuk Royaltea semua. semoga juga blog ini selalu hidup alias aku konsisten dalam mengupdatenya.



Nah, itulah tadi pengalamanku saat memasang Top Level Domain. Untuk Royaltea yang mau pasang juga semangat, ya! Pasti bisa!

Akhir kata, sekian dulu tulisan kali ini, sampai jumpa lagi di postingan selanjutnya! Bye~
Mulya Riza Rahmawati
A writer and a blogger who loves to learn more about history and philosophy.

Related Posts

7 komentar

  1. Selamat atas domain barunya Mbaa, semangat ngeblognya 😊

    BalasHapus
  2. Eh sama, aku juga bayar pakai Indomaret, bentar beres. Awalnya pakai virtual account malah nggak bisa -bisa kodenya itu tuh kok bisa larinya ke panti asuhan.

    BalasHapus
  3. Suka baca blognya mb mulya yg cantik dan enak dibaca.
    Eh aku juga sempat dag dig dug waktu nunggu jadi .com nya

    BalasHapus
  4. Selamat my partner in blog. Akhirnya punya domain sendiri. Semangat menebar manfaat lewat tulisan. :)

    BalasHapus
  5. Aku setelah proses yang bikin jantung was-was, rasanya pengen jingkrak2 setelah penantian yg lama, akhirnya punya domain sendiri..
    Yeayyy....
    Selamat buat mba..
    Semoga tetap semangat ngeblognya yaa :)

    BalasHapus
  6. Template mba mulya imut banget warnanya, semangat terus ya mba setelah punya TLD

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah, congratulation kak untuk domain barunya. semoga semakin semangta ya ngeblognya

    BalasHapus

Posting Komentar