ACupOfReality

Desi Noviany, Ibu Aktif Nan Produktif

Pertama kali bertemu dan kenal Mbak Desi Noviany ini dari kelas Blogspedia Coaching yang diampu oleh Mbak Marita. Alhamdulillah terhitung sudah hampir satu bulan aku berkesempatan belajar di kelas ini, dan gak terasa udah masuk ke tugas kelima. Karena tugas inilah aku berkesempatan ngobrol lebih dalam bersama dengan Mbak Desi Noviany.

Untuk tugas kelima ini Mbak Marita memberikan titahnya agar semua peserta kelas Blogspedia Coaching untuk mencari partner yang akan diwawancarai dan dibuat profilnya. Aku awalnya bingung nih, terlebih lagi ngeliat banyak yang udah dapet pasangan. Akhirnya aku memberanikan diri untuk meminang Mbak Desi sebagai partnerku ditugas ini. Bak gayung bersambut, ternyata diterima!

berkenalan dengan mbak desi noviany


Berkenalan lebih dalam dengan Desi Noviany


Bernama lengkap Desi Noviany dan lebih akrab disapa Desi. Tapi dulu pas masih kerja dipanggil Yani karena ada orang yang namanya sama. Merupakan lulusan dari Universitas Pasundan Bandung jurusan Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan, sekarang kesibukannya adalah menjadi seorang ibu rumah tangga. Oh ya, tambahan informasi buat Royaltea, Mbak Desi berdomisili di Bekasi, lho! Cukup jauh dariku yang tinggal di pulau sebrang 😁.

Mbak Desi ini punya hobi membaca yang sudah dilakoninya sejak duduk di bangku sekolah dasar, dan menulis diary yang dimulai saat kelas satu SMP sampai di bangku kuliah. Fun fact, buku diarynya masih disimpan sampai sekarang.

Selain membaca dan menulis, Ibu dua anak ini juga punya hobi lain yaitu traveling dan nonton drakor. Untuk traveling, Mbak Desi paling suka travelling ke daerah yang bernuansa alam.
Bahkan cuma di tengah hutan pinus aja bisa seneng banget. Adem, damai, sepi, cuma angin, gesekan daun, cahaya yang berusaha menerobos masuk lewat batang-batang pohon pinus, samar-samar mendengar suara burung. Duh, pikiran udah mengembara, deh. Jadi kaya muhasabah.
Begitu kata Ibu produktif ini saat aku bertanya tentang tempat yang menjadi pilihannya untuk berpergian.

Destinasi yang akhir-akhir ini dikunjungi adalah Bromo. Kepengen banget rasanya Mbak Desi mengunjungi bromo lagi dan menyaksikan sunset dari atas. Pasti cantik banget tuh ya, jadi pengen juga ....

Sama sepertiku, Mbak Desi ini rupanya juga suka nonton drama korea, lho! Drama korea yang menjadi kesukaan dirinya adalah drama yang bergenre komedi romance. Soalnya ceritanya sederhana, nggak ngejelimet, dan bikin ketawa. Untuk judul drama yang masih jadi favoritenya adalah drama lawas Full House dan Kill Me Heal Me. Aku juga suka tuh, mbak nonton kedua drama itu. Apalagi drama Kill Me Heal Me 😂.

5 fakta desi noviany si ibu produktif


5 Fakta Tentang Desi Noviany


Setelah mewawancarai Mbak Desi dengan banyak pertanyaan kemudian ditambah dengan silaturami ke halaman About Me di blognya, aku jadi sadar betapa inspiratifnya sosok beliau ini. Dan aku akan mencoba merangkum kisahnya ke dalam 5 fakta tentang wanita yang akrab disapa Desi dibawah ini.

1. Mulai aktif menulis pada tahun 2017


Awal mulanya menulis sebetulnya ada unsur ketidaksengajaan. Mbak Desi terpikir mau mencari kegiatan buat hari tua nanti. Saat itu ada banyak pilihan yang terlintas dalam benaknya. Yang pertama bikin kue, tapi kemudian ia berpikir lagi, pasti capek cuci perabotannya, belum pas bikin kue pasti sakit pinggang kalau udah umur. Mau menjahit juga Mbak Desi masih mikir-mikir lagi, pasti pinggangnya sakit karena harus duduk terus. Belum lagi keterbabatasan penglihatan alias masukin benang ke jarum saat sudah usia senja nanti.

Kemudian Mbak Desi pada tahun 2017 mencoba ikut kelas cerpen, cernak, kisah inspiratif, dan non fiksi alias belajar menulis artikel. Lama-lama mbak Desi jadi ketagihan nulis. Kalau ada tugas, sampai tengah malam pun akan tetap dilakukan olehnya. Bahkan sampai bela-belain tidur cepet supaya bisa bangun beberapa jam sebelum subuh. Tiap ada kesempatan kosong selalu dipakai buat nulis tugas.

Kalau sudah sampai begitu semangatnya tentu nulis bukan hanya menjadi hobi, melainkan menjadi passion yang tak bisa lepas dari kehidupannya.

2. Serius ngeblog tahun 2020


Tahun 2016 pemilik blog Desi's Corner ini ngeblog dan bergabung dengan komunitas ODOP (One Day One Post). Namun, karena kesibukannya di dunia kerja, membuat dirinya mau tak mau harus tersenggol dari ODOP. Kemudian pada tahun 2020 ia memutuskan untuk mulai serius menekuni dunia blogging karena saat itu ODOP buka grup ODOP Blog Squad yang di dalamnya ada Mbak Marita juga.

3. Arti ngeblog dan alasannya tetap bertahan ngeblog


Bagi Mbak Desi, ngeblog itu membuatnya mengenal dirinya sendiri. Dengan ngeblog, dirinya bisa mengeluarkan semua isi yang ada di pikirannya dan menumpahkannya pada layar putih gawainya. Blog juga menjadi sarana untuknya menasehati diri. Walaupun punya kebebasan dalam menulis, tetapi tentu saja harus selalu mempertimbangkan baik dan buruknya. 

Saat menulis blog, Mbak Desi selalu merujuk pada tulisan para pakar, agar nasihat yang ditujukan pada dirinya sendiri dapat juga dibaca oleh yang lain dengan enak. Tanpa merasa digurui atau dinasihati seperti orang tua pada anaknya. 

Menulis blog juga, baginya, bisa menjadi jejak kehidupannya. Kelak, anak, cucu, bahkan cicitnya bisa melihat tulisannya di blog. Alasan lain belliau menulis blog adalah karena saat menulis blog, Mbak Desi sendirilah yang menulis, mengedit, dan memposting tulisannya. Berbeda ketika ia menulis cerpen atau cernak.


4. Filosofi di balik blog desinoviany.com


Pada awalnya, Mbak Desi ini kebingungan menentukan niche blognya. Kemudian ia teringat dengan pesan dari salah satu kelas kepenulisan yang diikutinya.
Agar menulis itu mudah. Tulislah pengalamanmu.
Dari pengalaman itulah bakal banyak ditemukan ide. Akhirnya, pilihannya jatuh pada niche lifestyle, alias gado-gado, yang menurutnya sangat cocok dengan dirinya. Dengan lifestyle niche ini, Mbak Desi bisa berbagi pengalamannya dan hal-hal yang disukainya.

Blog Mbak Desi ini berjudul Desi's corner. Kenapa beliau menamainya demikian? Karena kalau lagi cerita atau ngerumpi enaknya di pojok. Dari pojok, aku bisa melihat ke berbagai penjuru. Kayak CCTV yang suka pasang di pojok atas sebuah ruangan. Jadi, bisa lihat pergerakkan orang-orang. Terus nanti jadi cerita. Begitu katanya.

Tagline dari blog ini juga unik. Yaitu 'Change The World With Story'. Usut punya usut ternyata Sebetulnya tagline ini menjadi pengingat untuk dirinya sendiri agar selalu menulis yang hal yang baik-baik saja. Ini dikarenakan sebuah tulisan bisa membawa dampak atau pengaruh pada pembacanya. 

5. Pengalamannya yang paling berkesan.


Ada banyak sekali kejadian yang tak terlupakan dalam hidup wanita bernama lengkap Desi Noviany ini. Mbak Desi punya anak kedua yang berkebutuhan khusus. Anak keduanya itu pergi untuk selama-lamanya sejak tujuh tahun lalu. Dari anak keduanya itulah Mbak Desi mulai rajin menulis lagi. Tapi saat itu baru sebatas untuk aktivitas sekolah dan terapi sang anak saja. Mbak Desi ingin punya rekaman medis ala diary. Sayang, tulisan yang disimpan di gawai blackberrynya hilang kecopetan. Tulisan sama foto-fotonya pun hilang. Anak kedua Mbak Desi berpulang pada bulan Desember 2013. Sementara kejadian kecopetan di angkot itu terjadi pada bulan februari 2014. Mbak Desi merasa sedih banget dan sampai sekarang beliau masih suka ingat kejadian kecopetan itu.

Tapi Tuhan selalu memberi yang terbaik. Dari kehilangan, ia jadi produktif menulis yang terinspirasi dari anak keduanya itu. Namanya M. Latief G Saputra, dipanggilnya Gungun. Waktu berpulang, anak tersayangnya itu sudah berusia 8,5 tahun.

Dari anak keduanya itulah, beberapa antologi berkisah tentangnya. Seperti di antologi Unbroken Heart. Bahkan namanya sering dipakai untuk cernak yang dibuat olehnya. 

Hal Terpenting dan Penyemangatnya Dalam Hidup


Yang paling penting bagi Mbak Desi adalah berpikir positif. Positif adalah akar dari semua kita ngejalanin hidup.
Bahkan makan makanan yang bergizi pun kalau nggak bisa berpikir positif, tubuh sehat bisa hancur. Kan, sakitnya tubuh lebih banyak sakit karena hati yang sakit.
Penyemangatnya untuk terus menjalani hidup tentu saja keluarganya, suami dan anak khususnya. Karena dari keluarganya lah Mbak Desi sering mendapat ide untuk tulisan-tulisannya.


Nah, itulah tadi cerita dari sosok inspiratif bernama Desi Noviany ini. Semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi kita semua.
Akhir kata, sampai jumpa di postinganku selanjutnya! Bye~
Mulya Riza Rahmawati
A writer and a blogger who loves to learn more about history and philosophy.

Related Posts

3 komentar

  1. Uwuu, jago nih mbak Mulya ngulik partnernya. Lengakap dan menginspirasi.

    BalasHapus
  2. Wah ga sadar udah sebulan wkwkwkwk
    Lucu bgt mba desi ga mau jahit karena nanti sakit pingganh wkwkwkw
    Semangat menukis teman2

    BalasHapus
  3. Mbak Mulya, terima kasih banget. Tulisan tentang akunya bisa jadi bagus gitu. Semangat buat kita berdua apapun yang terjadi.

    BalasHapus

Posting Komentar