ACupOfReality

Bakso Son Haji Sony, Bakso Lezat Dari Lampung

Sebagai pecinta bakso, aku sering banget nyobain bakso sana-sini, tapi yang jadi favoriteku sepanjang masa tetaplah Bakso Son Haji Sony. Apalagi di musim hujan seperti ini ya, paling enak 'kan makan yang berkuah, ya kayak bakso ini. Pada tulisanku kali ini, aku mau mengajak Royaltea nyicipin makanan secara virtual, dan yang hari ini akan kita cobain adalah Bakso Son Haji Sony yang asli dari Lampung.

Gerai Bakso Son Haji Sony di Bandar Lampung
Sumber Gambar : Google


Bakso Son Haji Sony, Bakso Enak Khasnya Lampung


Selain terkenal dengan kain tapis dan seruitnya, ada satu lagi yang menjadi ciri khas Lampung, yaitu Bakso Son Haji Sony. Sampai rasanya tuh kalo lagi di luar kota dan kepengen banget makan bakso pasti pengennya makan Bakso Sony ini. Bahkan saudaraku yang tinggal di kalau datang ke Bandar Lampung pasti yang dipengen adalah makan Bakso Sony, dan sebelum pulang juga maunya makan bakso ini dulu. Bagiku sendiri memang Bakso Sony ini selalu jadi pilihan utama kalau mau makan bakso. Pengen bakso? Ya Bakso Sony!

Dilansir dari Tribun, di Bandar Lampung sendiri, gerai bakso ini ada enam belas cabangnya tersebar di seluruh daerah Bandar Lampung. Dan yang paling dekat jaraknya dari rumahku adalah Bakso Son Haji Sony yang cabangnya beralamat di jalan pangeran antasari.

gerai bakso di antasari
Sumber Gambar : Google

Ukuran gerainya besar, jadi ya gak sumpek dan nyaman banget. Sirkulasi udaranya juga bagus, angin bisa masuk dari bagian depan jadi gak terlalu panas walau gak ada kipas angin. Selain itu, bangku dan mejanya yang panjang dan luas cocok banget nih buat yang mau mampir bersama keluarga. Cuma minusnya, karena ini gerainya santai banget jadi buat Royaltea yang gak suka dengan asap rokok mungkin agak kesulitan di sini, karena gerai ini bukan ruangan ber-ac jadi orang bebas merokok.

suasana di gerai antasari
Sumber Gambar : Google


Dan gerainya juga mengikuti protokol kesehatan yang digaungkan pemerintah saat ini. Di sini tersedia tempat untuk mencuci tangan juga, dan jangan khawatir, semua pegawainya di sini selalu menggunakan masker.

Pelayanannya juga lumayan memuaskan, kok. Semua pelayannya cukup ramah, dan waktu untuk menunggu makanannya tidak terlalu memakan waktu yang lama. Walau jam sibuk saat makan siang juga tetap dilayani dengan cepat.

Menu Di Gerai Bakso Son Haji Sony


Selain menjual bakso dan mie ayam seperti gerai bakso lain pada umumnya, gerai bakso ini juga menjual aneka makanan lain, lho, seperti pempek, otak-otak, rolade ikan, dan lain-lain. Tapi untuk yang selain bakso dan mie ayam, kita tidak bisa menikmatinya langsung di tempat. Karena pempek, otak-otak, rolade ikan, tekwan, dan lain-lainnya itu dijual dalam bentuk kemasan, alias biasanya dibeli untuk oleh-oleh.

Nah, kalau untuk minumannya sendiri juga sama seperti minuman di gerai bakso lainnya, ada es campur, es jeruk atau jeruk panas, ada es buah, es tawar, dan beberapa varian jus buah-buahan.

Apa Sih Yang Membuat Bakso Son Haji Sony Spesial?


Tadi aku membahas kalau bakso ini adalah bakso favoriteku, sebenarnya bukan hanya aku, tapi juga keluargaku. Pasti Royaltea pada penasaran 'kan kenapa aku bisa sejatuh cinta sama bakso ini? Pasti ada sesuatu yang spesial dari bakso ini hingga membedakannya dari bakso lain, kan? Yaps! Tentu saja ada!

Bakso dengan harga tujuh belas ribu seporsinya ini mempunyai tekstur bakso yang kenyal tapi gampang buat dipotong atau digigit. Dan lagi, tidak seperti bakso lainnya, aku rasa delapan luluh persen dari bakso ini adalah daging dan sisa dua luluh persennya adalah bahan-bahan lain, sehingga saat baksonya digigit tuh, haduh ... juicy banget! Rasanya ada sari dari daging sapinya keluar setiap kali kita mengunyah baksonya. Belum lagi ditambah dengan kuah khas dari resep rahasia Bakso Sony yang gak bakal Royaltea rasakan di bakso lain. Duh, beneran, deh! Enak banget! Aku sendiri kalau makan bakso ini pasti habis sampai kuahnya juga habis!

bakso sony


Makan bakso ini juga bisa bikin dilema, masalahnya satu mangkok itu kurang, sementara kalau dua kebanyakan. Karena beneran, deh, rasanya bikin ketagihan mau lagi dan lagi.

Untuk baksonya, aku memberi nilai 1000/10. Karena memang seenak itu. Beneran, aku gak bohong!

Buat Royaltea yang ingin merasakan langsung Bakso Son Haji Sony ini ke gerainya, Royaltea bisa datang ke cabang yang terdekat, yaitu di :

1. Bakso Son Haji Sony Unila di Jalan Professor Dokter Ir. Sumantri Brojonegoro, Gedong Meneng, Bandar Lampung.

2. Bakso Son Haji – Sony VIII, Lampung di Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No. 27, Labuhan Ratu, Bandar Lampung.

3. Bakso Sony Way Halim di Jalan Gunung Rajabasa Raya, Perumnas Way Halim, Bandar Lampung.

4. Bakso Son Haji Sony II di Jalan Pangeran Antasari No. 151 ABC, Tanjung Baru, Kedamaian, Bandar Lampung.

5. Bakso Son Haji Sony IV di Jalan Pemuda, Enggal, Kota Bandar Lampung.

6. Bakso dan Mie Ayam Son Haji Sony VI di Jalan Re Martadinata No. 4, Perwata, Telukbetung Timur, Kota Bandar Lampung.

7. Bakso Son Haji Sony 10 di Jalan Imam Bonjol, Pasir Gintung, Tanjungkarang Pusat, Kota Bandar Lampung, Lampung.

8. Bakso Sony Endro Suratmin Sukarame di Jalan Endro Suratmin No. 41B, Sukarame, Bandar Lampung.

9. Bakso Sony Gajah Mada di Jalan Gajah Mada, Tj. Agung Raya, Tanjungkarang Timur, Kota Bandar Lampung, Lampung.

10. Bakso Sony Citra Garden di Jalan Citra Garden Blok CW7 No. 3, Negeri Olok Gading, Tlk. Betung Bar., Kota Bandar Lampung.

11. Bakso Sonhaji Sony Raden Intan di Jalan Raden Intan No. 2, Enggal, Enggal, Kota Bandar Lampung.

12. Bakso & Mie Ayam Son Haji Sony Panjang di Jalan Cut Nyak Dien, Palapa, Tj. Karang Pusat, Kota Bandar Lampung.

13. Bakso Sony Tanjung Senang di Tanjung Senang, Kecamatan Tanjung Senang, Bandar Lampung, Lampung.

14. Bakso & Mie Ayam Son Haji Sony Panjang di Jalan Yos Sudarso No. 175, Panjang Utara, Panjang, Kota Bandar Lampung.

15. Bakso Sony Kemiling di Jalan Teuku Cik Ditiro No.28, Sumber Rejo, Kec. Kemiling, Kota Bandar Lampung.

16. Bakso Sony Sultan Agung di Jalan Sultan Agung No 46, Sepang Jaya, Kec. Kedaton, Kota Bandar Lampung.

Setiap gerainya ini buka setiap hari dari jam sepuluh pagi sampai jam delapan malam, kecuali hari jumat yang buka pukul satu siang hingga pukul delapan malam. Alternative lain buat Royaltea yang ingin mencoba bakso ini tapi mager keluar, Rotaltea bisa banget order melalui gofood.

Eits, untuk Royaltea yang tinggal di luar Bandar Lampung tapi ngiler dan pengen coba, jangan khawatir! Karena bakso ini tersedia dalam bentuk kemasannya. Jadi kalian bisa beli dan masak sendiri di rumah. Rasanya sama aja, kok! Buat yang penasaran di mana belinya, kalian bisa beli dari shopee, untuk range harganya mulai dari lima puluh ribu sampai seratus lima puluh ribu, tergantung dari jumlah dan ukuran baksonya.


Nah, segitu dulu tulisan kali ini tentang bakso enak dari Lampung yaitu Bakso Son Haji Sony. Sampai jumpa lagi di postinganku selanjutnya! Bye~
Mulya Riza Rahmawati
A writer and a blogger who loves to learn more about history and philosophy.

Related Posts

11 komentar

  1. Katanya belum lengkap kalau ke lampung kalau belum ke baso son haji.
    Itu cabangnya banyak banget ya, luar biasa

    BalasHapus
  2. waah baru tau ada makanan ini mba, jadi pengen main ke lampung

    BalasHapus
  3. Pecinta bakso merapaaat. Uhuuy! Selalu ngiler kalau liat bakso 😋🤤

    BalasHapus
  4. Kok, cabangnya nggak ada yang di Bekasi, sih. Mau juga icip² kan

    BalasHapus
  5. aku ngga puas icip virtual mbak, pengen icip beneran hahaha. berarti di lampung bakso son haji ini udah famous ya ? 😍

    BalasHapus
  6. Aaahhh kapan aku bisa ke lampung?? :(
    Biar bisa makan niih bakso son haji.

    Toosss, pecinta bakso :D

    BalasHapus
  7. Alhusudah beberapa kali makan bakso ini
    Kebetulan temen ada yg fanatik bgt, jadi selalu beli langsung dari Lampung kalau punya hajat di rumahnya. Jadilah bunda kecipratan... Alhamdulillah

    Emang enak bgt rasanya. Tapi dia emang gak ada bakso besarnya ya?

    BalasHapus
  8. Baksooo... Jadi pengen ke Lampung buat nyoba baksonya..

    BalasHapus
  9. Padahal baru kemarin makan bakso Sony, ehh setelah baca blog nya Mulya jadi pengen beli lagi

    BalasHapus
  10. gerainya aja sudah keren,,
    semoga bisa ke lampung buat nyobain

    BalasHapus

Posting Komentar