ACupOfReality

Tips Branding Di Sosial Media Twitter

Halo Royaltea semua! Kali ini aku mau membahas tentang cara branding sosial media twitter untuk para blogger. Materi dibahas pada webinar bersama Growthing hari kedua, tepatnya tanggal 26 oktober yang lalu. Materi yang sangat menarik ini disampaikan oleh coach Ilham. Kalau pengen tau gimana caranya, simak tulisanku sampai habis, ya!

Tips Branding Di Twitter Untuk Para Blogger


Dari sekian banyak platform media sosial populer yang banyak digunakan oleh para netizen di seluruh dunia coach Ilham memilih membahas tentang twitter sebagai materinya. Kenapa coach Ilham tidak memilih membahas instagram atau tik tok? Karena beliau ini sudah merasa nyaman dan akrab dengan twitter ini. Royaltea semua tau gak sih kenapa kita harus aktif di sosial media? Apa sih manfaat dari sosial media?

Manfaat Sosial Media


1. Menjaga tali silaturahmi.


Royaltea semua pernah gak sih tiba-tiba ketemu lagi dengan teman yang udah lama banget gak pernah ketemu? Kebanyakan ketemunya karena sosial media, 'kan? Kita yang iseng-iseng doang main sosial media, eh tiba-tiba ketemu teman lama lagi. Terus ngobrol-ngobrol lagi, deh.

2. Memperbanyak koneksi.


Nah, ini pasti banget .... Dari sosial media kita bisa ketemu dengan orang-orang baru, bisa berkenalan dan nantinya jadi teman. Tapi Royaltea harus tetap hati-hati, ya, karena ada banyak orang jahat di dunia ini.

3. Branding.


Di sosial media ini kita memiliki kebebasan untuk berekspresi, walau tentunya tetap ada batasan-batasan. Namun, tetap saja, kita bisa menampilkan sisi lain dari diri kita di sini. Jika Royaltea dikenal sebagai orang yang serius di dunia nyata, maka mungkin Royaltea bisa menunjukkan sisi lain dari diri Royaltea yang humoris. Royaltea bisa memilih persona apa yang Royaltea ingin tampilkan di dunia maya ini, atau istilah kerennya sekarang adalah branding.

4. Sarana mempromosikan blog.


Nah, ini nih poin penting banget untuk kita para blogger. Seperti dalam postinganku kemaren yang membahas tentang cara menaikkan page view, di sana dijelaskan kalau salah satu caranya adalah promoai di sosial media.

Sekarang Royaltea pada tau 'kan manfaat dari sosial media? Apa sekarang Royaltea mulai penasaran gimana sih caranya branding di sosial media?

tips branding sosial media


Cara Branding Di Sosial Media Versi Coach Ilham


1. Kenali audience.


Sebelum mulai branding, penting banget buat Royaltea melalukan riset tentang audience. Mulai dari usianya, latar belakangnya, gaya hidup, hingga apa saja yang mereka sukai.

Kenapa penting mengetahui siapa audience kita? Karena ini akan mempengaruhi bagaimana kita akan berkomunikasi dengan mereka nantinya. Ini akan menentukan konten apa yang mau kita sajikan pada mereka. Rasanya bakal aneh 'kan kalau Royaltea bikin konten tentang parenting tapi audiencenya adalah anak muda dan pelajar? Kayaknya mereka bakal kurang tertarik.

2. Persona apa yang mau ditampilkan.


Royaltea di sosial media ingin dikenal sebagai siapa? Apakah sebagai orang yang lucu? Atau sebagai orang yang mellow? Atau bahkan sebagai orang yang serius dan selalu membahas tentang politik? Apapun itu yang terpenting adalah Royaltea menentukan dulu sebagai siapa Royaltea ingin dikenal. Ini untuk membantu Royaltea juga dalam membuat konten di sosial media kedepannya.

3. Apa yang membuat berbeda.


Saat sedang berjualan, biasanya kita akan menyebutkan kelebihan dari produk kita, termasuk juga keunggulannya dengan produk lain. Begitu juga dengan saat branding di sosial media.

Misalnya Royaltea ingin dikenal sebagai orang humoris. Tapi di sosial media 'kan banyak juga orang yang humoris. Untuk itu penting banget untuk menciptakan ciri khasnya Royaltea, supaya orang lain bisa tau Royaltea hanya dari kontennya.

4. Tentukan kata sapaan untuk followers dan gaya bahasa.


Seperti para artis yang punya nama untuk para fansnya, Royaltea yang ingin mulai branding di sosial media juga harus punya nama sapaan untuk para followers. Kata sapaan ini akan membuat para followers merasa terikat dengan Royaltea karena merasa tergabung dalam suatu komunitas yang sama dengan Royaltea.

Sama denganku yang menggunakan kata 'Royaltea' sebagai sapaan untuk para pembaca blogku yang tercinta. Royaltea juga harus punya kata sapaan sendiri.

Gimana? Apa udah mulai kepikiran untuk nama sapaannya?

5. Konsisten.


Kalau kata mbak Marita, buat apa konten berkualitas tanpa konsistensi? Walau konten kita udah bagus, tapi kalo updatenya jarang-jarang pasti para followers juga sedikit demi sedikit bakal mundur pelan-pelan. Penting banget buat kita untuk menjaga interaksi dengan para followers saat branding di sosial media. Ini bisa membantu untuk mengenali lebih jauh audience kita. Sebagai catatan untuk Royaltea, tetaplah humble di mana saja dan kapan saja.


Yang tadi itu adalah tips branding untuk setiap sosial media, sekarang kita bahas cara branding di twitter, yuk!

cara membangun persona di twitter


Tips Branding Di Twitter


Aku sendiri adalah pengguna twitter lumayan lama, tapi aku menggunakan twitter sebagai saranaku untuk fangirlingan. Tapi mungkin aku juga akan mencoba untuk branding di twitter untuk mempromosikan blogku disana. Untuk itu aku merasa materi dari coach Ilham ini bener-bener bermanfaat banget. Sekarang aku akan berbagi tipsnya dengan Royaltea semua :).

1. Lakukan interaksi.


Ya, pastinya dong. Interaksi penting banget, gak cuma di twitter aja. Tapi sebagai pengguna twitter, aku bisa bilang kalau interaksi dengan sesama pengguna di twitter itu lebih mudah dan lebih asik dibanding platform lain. Di twitter kita bisa SKSD alias Sok Kenal Sok Deket dengan orang lain tanpa merasa segan atau sungkan. Tapi pastikan tetap memperhatikan etika berkomunikasi, ya.

Kenapa aku bilang lebih enak? Karena di twitter tuh saat nge-tweet, kebanyakan pengguna ingin tweetnya dijbjb alias dibalas. Jbjb ini salah satu istilah yang umum digunakan di twitter, artinya adalah 'join bareng' maksudnya ya tweetnya diberi komentar, gitu.

2. Jangan cuma follow orang yang satu professi.


Misalnya Royaltea adalah seorang blogger. Janganlah hanya followan dengan sesama blogger, tetapi juga dengan orang lain seperti dosen misalnya atau dengan aktivis. Ini supaya Royaltea semua bisa meningkatkan audience akunnya Royaltea.

3. Selalu perhatikan analytics.


Yaps, ini juga penting. Kenapa? Karena dengan memperhatikan analytics kita bisa kenal audiencenya siapa, kita bisa tau apa yang audience suka, konten seperti apa yang audience harapkan untuk kita buat. Jadi kita bisa punya bayangan dan rencana tentang konten yang akan kita buat nantinya.

4. Sering memberi komentar di tweet viral.


Sesuatu yang viral pasti akan mendapat atensi dari banyak orang. Bagaimana jika kita menjadi bagian dari sesuatu yang viral itu? Pasti kita juga bakal kecipratan atensinya, 'kan? Nah, dengan memberi komentar yang nyentrin dan unik di tweet yang viral bisa membuat orang juga menaruh perhatian pada akun kita.

Banyak kejadian di mana sebuah akun yang selalu memberi komentar lucu di postingan viral, lalu banyak pengguna lain yang mengenali akunnya itu kemudian tak sedikit juga dari pengguna lain yang memfollow akunnya karena mereka berpikir akunnya menarik. Alhasil kita bisa mendapatkan followers secara cuma-cuma!

Bonus : Cara Menambah Followers Di Twitter


Di twitter itu ada yang namanya base. Base adalah tempat di mana para pengguna twitter berkumpul dan membahas tentang suatu topik. Di twitter sendiri ada banyak sekali base yang juga banyak membahas suatu topik. Ini salah satu yang Royaltea harus tau tentang dunia per-twitteran.

Setiap base itu biasanya hanya membahas tentang satu topik saja, seperti biasanya sebuah blog yang memiliki satu niche. Base ini ada yang membahas tentang buku, kehidupan perkuliahan, kehidupan sekolahan, dan lain-lain. Kalau Royaltea bingung cara membedakan base dengan akun pengguna, sebenarnya sama saja. Tapi yang membedakan adalah base selalu mengandung kata 'menfess'.

Menfess adalah singkatan dari mention confess. Ini mengacu pada tweet yang dikirim oleh pengguna twitter lain melalui base secara anonim. Pengguna yang mengirim menfess ini disebut dengan sender.

Royaltea bisa memanfaatkan base ini untuk menambah followers. Biasanya akan banyak pengguna lain yang mengajak untuk mutualan. Mutualan itu juga salah satu istilah twitter, artinya sih ngajak temenan (followan). Royaltea bisa juga kirim menfess ngajak mutualan melalui base, dengan catatan Royaltea sudah difollback oleh akun basenya. Gimana caranya supaya difollback? Royaltea harus tunggu mereka open follow dan ikuti syarat-syaratnya.

Atau jika Royaltea punya budget lebih, Royaltea bisa adakan give away dan cantumkan syarat wajib memfollow akunnya Royaltea. cara ini cukup ampuh lho! Karena banyak orang suka dengan yang gratisan :D


Gimana? Pusing ya? Tapi kalau udah terjun langsung ke dunia twitter gak bakal pusing lagi, kok! Lama-lama juga bakal nemuin serunya.

Itulah tadi tulisanku tentang cara branding di twitter, semoga bermanfaat ya buat Royaltea semua! Sampai ketemu di postingan selanjutnya! Bye~
Mulya Riza Rahmawati
A writer and a blogger who loves to learn more about history and philosophy.

Related Posts

1 komentar

Posting Komentar